Senin, 10 Januari 2011

Kualitas SDM yang di Butuhkan Saat ini.

Banyak sekali sumber daya yang harus kita bangun saat ini apa lagi di zaman yang sudah maju, tetapi dalam pengelolaan sumber daya manusinya tersebut saja masih sangat terbatas. Contohnya di daerah-daerah pinggiran yang masih kurang diperhatikan di daerah perkotaan saja masih minimnya sumber daya manusia.



Sumber daya manusia merupakan daya yang bersumber dari manusia yang dapat juga disebut tenaga atau kekuatan (energi atau power). Oleh karena itu, sumber daya manusia sangat dibutuhkan oleh setiap manusia karena demi kelangsungan hidupnya nanti dan agar memnjadi manusi yang berkualitas.

 Kualitas sumber daya manusia merupakan faktor penentu keberhasilan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Dan sumber daya manusia yang dibutuhkan bukan hanya mempunyai tenaga dan kekuatan, tetapi juga berstamina tinggi sehingga mampun bekerja keras, tangguh dan ulet dalam menghadapi persoalan, cerdas berpikir dan bertindak, trampil dan memiliki kompetensi, mandiri, memiliki tanggung jawab, produktif, kreatif, inovatif, beorientasi ke masa depan, disiplin, berbudi dan pantang menyerah dalam menghadapi masalah yang dihadapi.

Apabila digali lebih lanjut, masih banyak hal yang dapat menggambarkan kualitas prima manusia secara umum, namun kita belum tentu memiliki semua sifat yang menggambarkan kualitas manusia secara utuh dan lengkap tersebut. Dengan demikian, kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara memulainya dari diri kita sendiri dan mencontohkannya kepada adik-adik kita barulah kepada orang lain.

Tetapi kembali lagi kepada daerah-daerah yang masih belum terjangkau oleh pengetahuan yang belum memadai. Bagaimana menjadi manusia yang berkualitas kalau di daerah tersebut saja belum memenuhi hal-hal yang menjadi penunjang adanya manusia yang berkualitas. Bila dikaitkan peran IPTEK dan PENDIDIKAN menjadi sangat penting dalam hal tersebut.

Untuk menjadi manusia yang berkualitas kita dapat memulianya dengan mendirikan sekolah-sekolah dan penunjang lainya untuk mencapai SDM yang berkualitas di daerah dan dikota yang belum terjangkau dan masih kurangnya SDM di daerah tersebut dan sebaiknya pemerintah memperhatikan hal-hal tersebut agar kita mempunyai bibit-bibit yang memenuhi kualitas SDM.

Pemenuhan SDM yang berkualitas dan unggul karena menguasai IPTEK dan PENGETAHUAN akan berpengaruh terhadap kulitas SDM di masa depan. Dan bukan tidak kita akan menjadi manusi yanng berkualitas kalau kita mau dan mampu menjadi SDM yang berkuallitas.

Referensi :
T.Hani Handoko,Mnj Erlangga Jakarta 1992

Tidak ada komentar:

Posting Komentar