Sabtu, 29 September 2012

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

  • Menurut Azhar Susanto dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi Konsep dan Pengembangan Berbasis Komputer sistem informasi akuntansi adalah :“Sistem informasi akuntansi pada dasarnya merupakan integrasi dari berbagai sistem pengolahan transaksi.
  • Sedangkan menurut  George H. Bondar yang diterjemahkan oleh Amir Abadi Yusuf dan Rudi M.Tambunan dalam bukunya Sistem Informasi Akuntansi bahwa Sistem Akuntansi adalah : “Sistem Informasi Akuntansi adalah kumpulan sumberdaya, seperti manusia dan peralatan, yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi akuntansi.”
  • Menurut Niswonger, Fess dan Warren yang diterjemahkan olehRuswinarto,H. (1995, h.248) : “Sistem Akuntansi adalah suatu sarana bagi manajemen perusahaan guna mendapatkan informasi yang akan digunakan untuk mengelolah perusahaan dan untuk menyusun laporan keuangan bagi pemilik, kreditor, dan pihak lainnya yang berkepentingan. ”
Jadi dari defini tersebut sistem informasi akuntansi adalah suatu komponen organisasi dengan mengumpulkan, mengkasifikasikan, mengolah, menganalisa dan berkomunikasi serta mengambil sebuat keputusan yang relvan bagi kedua belah pihak.


Referensi :
jbptunikompp-gdl-s1-2007-henisrikus-6712-bab-ii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar