Rabu, 23 Februari 2011

Microsoft Word


Pengertian Microsoft Word
§  Microsoft Word atau sering disebut Ms Word atau Word saja dikeluarkan oleh perusahaan perangkat lunak terbesar disunia,Microsoft Corp.Microsoft word dikeluarkan dalam satu paket dengan aplikasi perkantoran yang lain,yakni Microsoft Excel,Microsoft Access,dan Microsoft PowerPoint.
§  Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan karena Word mempunyai kemampuan yang sangat andal untuk membuat berbagai jenis dokumen,mulai dari surat,buku,memo,berbagai jenis publikasi,dan dokumen-dokumen yang lain.

Mengenal Tampilan Jendela Word
Word dijalankan,akan tampak sebuah jendela yang dilengkapi dengan berbagai komponen jendela Word.Komponen-komponen tersebut digunakan untuk menjalankan fungsi dan perintah-perintah Word atau untuk menampilkan informasi kepada penggunanya.

Title Bar
Title bar adalah komponen Word yang terletak di bagian paling atas jendela Word.Title bar berfungsi untuk menampilkan nama dokumen yang sedang aktif di jendela Word.Nama dokumen tersebut sesuai dengan nama file dari dokumen ketika kita menyimpannya.Jika dokumen yang ditampilkan belum pernah disimpan,nama dokumen yang menampilkan adalah Document1, Document2, Document3,dan seterusnya.

Kontrol Jendela
Kontrol jendela terletak dibagian atas kanan jendela Word sejajar dengan title bar.Kontrol jendela terdiri dari tiga buah tombol.Tombol pertama denagn tanda minus (-)berfungsi untuk mininimze tampilan jendela.Tombol kedua denagn tanda kotak berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan jendel,Sedangkan tombol yang ketiga dengan tanda (x) berfungsi untuk menutup jendela.

Menu Bar
§  Menu bar terletak di bagian atas jendela Word di bawah title bar.menu bar merupakan tempat menu yang memuat daftar perintah-perintah Word.
§  Menu file memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan penanganan file-file dokumen Word.
§  Menu Edit memuat perintah-perintah yang berhubunagn dengan pengeditan dokumen.
§  Menu viev memuat perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan tampilan jendela Word dan pengatur bagaimana dokumen Word ditampilkan.
§  Dan yang lain-lain tentang Menu Bar.

Toolbar
§  Toolbar adalah komponen jendela yang memuat yang memuat tombol-tombol perintah.Perintah-perintah yang dijalankan sebuah perintah yang sama dengan perintah-perintah yang terdapat di menu.
§  Setiap Tombol di toolbar mewakili sebuah perintah yang terdapat di manu.Tombol toolbar digunakan ntuk menjalankan perintah-perintah yang terdapat di menu.

Kursor
§  Kursor adalah garis tegak yang berkedip dan terletak dihalaman dokumen.pada saat jendela Word ditampilkan,kursor akan ditampilkan dihalaman dokumen bagian atas.Kursor menunjukan bagian halaman dokumen yang sedang aktif.Huruf yang kita di keyboard akan ditambahkan dihalaman dokumen tepat dimana kursor berbeda.
§  Kursor dapat dipindahkan dari satu bagian halam dokumen kebagian lain dengan cara menekan tombol arah kiri,atas,kanan dan bawah di keyboard.

Scroll Bar
§  Jika halam dokumen yang kita kerjakan di jendela Word bertambah banyak,tidak semua halaman dokumen dapat ditampilkan oleh jendela Word.Karena itu, untuk berpindah dari satu bagian dokumen ke bagian lain, atau satu halaman ke halaman lain yang tidak ditampilkan, Word menyediakan komponen yang disebut scroll bar.
§  Scroll bar berfungsi untuk menggeser halaman dokumen yang ditampilkan. Ada dua buah scroll bar yang dimiliki oleh jendela Word, yakni scroll bar vertikal dan scroll bar horizontal.scroll bar vertikar digunakan untuk menggeser halaman keatas atau ke bawah, dan scroll bar horizontal digunakan untuk menggeser halaman kekiri atau kekanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar