Selasa, 25 Oktober 2011

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

PENDAHULUAN
Diagram unit dasar yang terdapat dalam semua komputer. Diagram itu disebut skema komputer (computer schematic). Unit-unit komputer, yang disebut perangkat keras (hardware), biasanya dikemas dalam sebuah kotak tersendiri dan dihubungkan dengan kabel-kabel elektris.Unit yang paling penting adalah Central Processing Unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem komputer lain dan mengubah input menjadi output. CPU mencakup suatu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer (primary storage), biasanya disebut main memory. Primary storage berisi data yang sedang diolah dan program, yaitu suatu daftar instruksi yang mengolah data. Istilah perangkat lunak (software) digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa program. Unit Pengendali (control unit)  membuat semua unit bekerja sama sebagai satu sistem, dan arithmetic and logic unit (ALU) adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Penyimpanan sekunder (secondary storage) menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data ketika tidak digunakan. Program yang disimpan disebut koleksi perangkat lunak (software library) dan data yang disimpan disebut database .

TUJUAN UMUM
Memahami konsep-konsep dasar pemrosesan komputer.
Menjelaskan dasar-dasar pemrosesan komputer dan peranannya dalam pemecahan masalah.

PEMBAHASAN
1.1 Arsitektur Komputer
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
-          Prosesor
-          Memori
-          Penyimpanan sekunder
-          Perangkat Input
-          Perangkat Output
Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem. Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer. Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.

  • Peralatan Input
1. Keyboard
Memasukkan data dengan cara menekan tombol- tombol yang tepat, mirip mesin ketik yang sebagian besar dilengkapi dengan tombol tambahan.
2. Alat Penujuk
• Mouse, suatu alat kecil & ringan yg memiliki suatu bola kecil dibawahnya & memiliki 1, 2 atau 3 tombol di atasnya dihubungkan ke komputer dengan suatu kabel halus.
• Trackball, suatu alat penunjuk dimana menggerakkan kursor dgn cara memutar bola tanpa memindahkan seluruh alat tsb.
• Touch screen, memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan menggunakan jari atau objek tidak transparan lain.
• Light pen, untuk menunjuk pada layar.
• Unit remote control.
3. Alat Pembaca Optis
Membaca data dengan menyinari suatu sinar terang diatas data photoelectric disebelah unit pembaca optis (scanner).
4. Alat Pembaca Magnetis
5. Berbicara pada Komputer
Pengenal suara jenis speaker independent system dimana proses pengenalannya didasarkan pada bagaimana kita berbicara dari pada apa yang dikatakan. Teknik inipun mampu mengenal pemakai yang berbicara dalam bahasa apapun.

  • Penyimpanan Primer
Penyimpanan komputer (computer storage) ada dua bentuk dasar yaitu primer dan sekunder. Penyimpanan primer biasanya disebut main memori. Tehnologi IC utk menyediakan random access memori (RAM) yang digunakan utk menyimpan perangkat lunak dan data Read Only Memori (ROM) untuk menyimpan material seperti intruksi pada saat komputer dinyalakan dan cache memori.

  • Penyimpanan Sekunder
1. RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
2. ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
3. Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

  • Peralatan Output
Bentuk akhir dari pemrosesan komputer adalah beberapa bentuk output dan menampilkan pilihan, yaitu : yang dicetak, grafik, mikrofilm, kartu berlubang, dan yang diucapkan.
1. Output yang ditampilkan
Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user)adalah Display Screen yg disebut CRT yg dikemas dgn keyboard. Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut Hard copy.
2. Output yang Di Cetak
Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy.
3. Output Grafik
Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik. Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun beroperasi secara offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.
4. Output Mikrofilm
Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm(COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche.Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut. Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard copy.
5. Output Kartu Berlubang
Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang.
6. Output Audio
Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar, sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.

1.2 Software
Perangkat lunak sistem (system software) melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer. Tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan. Komputer modern tidak mungkin digunakan tanpa perangkat lunak sistem. Perangkat lunak sistem biasa disiapkan oleh pembuat perangkat keras (penjual atau pemasok perangkat keras) atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak. Ada tiga jenis perangkat lunak sistem, sistem operasi (operating system), program utility, dan penerjemah bahasa komputer (language translator).

  • Sistem Oprasi
Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1.Menjadwalkan Tugas
2.Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3.Menjaga keamanan sistem
4.Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5.Menangani Interrupt
6.Menyiapkan catatan pemakaian

  • Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi (application software) memproses data perusahaan. Perangkat lunak itu dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu membuat program sendiri (custom programming) atau membeli paket jadi (prewritten package).

1.3 Peranan Peralatan Input dan Output Serta Software dalam Pemecahan Malasah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

REFERENSI
http://christinapandu.blogspot.com/2010/11/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../Arsitektur_komputer.
msherawati.staff.gunadarma.ac.id/.../SIM1-Dasar+Pemrosesan+Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar