Kamis, 27 Oktober 2011

Teknologi koneksi ke internet

  • GPRS (General Pocket Radio Services)
merupakan layanan komunikasi data lewat telfon tanpa kawat (ponsel) yang berbasis paket sistem GPRS ini digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar(MMS) dan penelusuran(browsing) internet.

  • EDGE(Enhanced Data rates for GSM Evolition)
adalah teknlogi baru dari GSM dan IS-136. Tujuan pengembangan teknologi baru ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efesiensi spektrum dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas.

  • WCDMA/UMTS
W-CDMA merupakan teknologi generasi ketiga(3G) untuk GSM, biasa disebut juga UMTS. Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA saja. Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384kbps dan dimasa akan datang akan meningkatkan sampai mungkin sekitar 10Mbps.

  • HSDPA
Adalah sebuah protokol telfon gengam dan kadngkala disebut sebagai teknologi 3,5G. HSDPA merupakan evolusi dari standar W-CDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x labih tinggi. Hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada komunikasi arah bawah menuju telfon genggam.

  • LTE(Long Term Evolution)
merupakan teknologi radio 4G yang masih dalam tahap pengembangan oleh 3GP dengan kemampuan pengiriman data mencapai kecepatan 100Mbit/s secara teoritis untuk downlink dan 50Mbit/s untuk uplink dan LTE itu sendiri merupakan standar terbaru dalam cabang teknologi jaringan mobile. Karena LTE merupakan kelanjutan dari teknologi dari teknologi 3G dan HSDPA yang selama ini digunakan.

  • WIMAX
Adalah salah satu teknologi broadband wireless access (BWA) seperti WiFi yang mempunyai kecepatan transfer data lebih tinggi (Max 75 Mbps) dan jangkauan yang lebih luas (Max 50 Km) WIMAX merupakan teknologi BWA yang mengacu pada standar IEEE 802,16.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar