Senin, 14 November 2011

Cara Membuat Animasi pada GIMP


Langkahnya:
1.      Buka aplikasi GIMP, buat file baru dengan ukuran kecil saja misal 150 x 75 px beri background disini saya contohkan hitam.
2.      Buat text pertama (misal kwali) dengan font, ukuran dan warna yang sesuai. Contoh pada gambar berikut.
3.      Klik kanan pada layer text, pilih layer to image size, kemudian duplikatkan layer text tersebut menjadi 4 seperti pada gambar.
4.       Kita mulai langkah membuat efek transisi. Disini saya contohkan efek Dream. Klik pada layer kwali#1, buka filter, pilih blur > gaussian blur isikan pada kotak horizontal = 7 dan vertical = 0. Pada layer kwali#2 lakukan hal yang sama, isikan horizontal = 15 dan vertical = 0. kemudian pada layer kwali#3 isikan horizontal = 25 dan vertical = 0.
5.      Duplikasikan layer background menjadi 5, kemudian susun masing masing layer background dibawah layer-layer text tadi seperti pada gambar.
6.       Klik kanan pada layer kwali#3 kemudian pilih merge down. Lakukan hal yang sama pada layer kwali#2, kwali#1, kwali, hingga menyisakan 1 layer background.
7.      Sampai tahap ini, kita sudah menyelesaikan text pertama. Selanjutnya kita akan membuat text yang kedua. Klik pada text tool buat text misal “linux”. Sesuaikan font, ukuran dan warnanya sesuai dengan selera anda, letakkan pada susunan layer paling atas.
8.      Klik kanan pada layer text (linux), pilih layer to image size, kemudian duplikatkan menjadi 4.
9.      Kita akan mencoba efek yang berbeda pada text “linux” ini, misal swirl atau memutar. Klik pada layer linux#1, buka filter, pilih blur > motion blur, pilih radial, isi angle dengan angka 30. Lakukan hal yang sama pada linux#2, isi angle = 50, dan pada linux#3 angle = 75.
10.  Duplikat kembali layer background menjadi 4, letakkan masing masing di bawah layer linux#3, linux#2, linux#1, linux. Kemudian merge down masing-masing seperti pada text “kwali”.
11.  Langkah selanjutnya kita tinggal memberi step atau waktu. Klik kanan pada layer paling atas, ketikkan “linux3 (100ms)” kemudian enter. Lakukan pada layer dibawahnya seperti pada gambar.
12.  Langkah terakhir, buka filter > animation > optimize (for GIF), kemudian save as kwali.gif, pilih save as animation, kemudian export, selesai. Anda bisa melihat hasilnya dengan membuka file tersebut open with firefox web browser.
Ternyata cukup dengan aplikasi GIMP dan sedikit sentuhan kreatifitas anda, bisa menghasilkan sebuah animasi dengan efek cukup halus mendekati efek flash. Contoh lainnya lihat banner yang ada di kwali.info. Semoga bermanfaat, selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar