Jumat, 03 Desember 2010

Jenis-jenis Sistem Oprasi.

1.Microsoft Windows.
Microsoft Windows. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90 %.
2.DOS
Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.
Keluarga DOS terbagi menjadi beberapa kelas, yakni :
  • MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
  • IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
  • DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
  • Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
  • Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
  • FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.
Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat menggunakan simbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT.
Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).
3. Unix
NIX atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.
Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.
4. Linux
Linux (biasanya diucapkan / lɪnÉ™ks / LIN-É™ks dalam bahasa Inggris Amerika , juga diucapkan / lɪnÊŠks / LIN-ooks di Eropa dan Kanada) mengacu pada keluarga Unix seperti komputer sistem operasi menggunakan Linux kernel . Linux dapat diinstal pada berbagai macam komputer hardware , mulai dari ponsel , komputer tablet dan video game konsol , untuk mainframe dan superkomputer . Linux adalah terutama dikenal untuk penggunaannya di server , pada tahun 2009 itu menggelar pangsa pasar server berkisar antara 20-40%. Sebagian besar komputer desktop menjalankan salah Microsoft Windows atau Mac OS X , dengan Linux yang mana saja dari yang rendah diperkirakan 1-2% dari pasar desktop untuk tinggi dari perkiraan 4,9%. Namun, penggunaan desktop Linux telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena populer Ubuntu , Fedora , Mint , dan openSUSE distribusi  dan munculnya netbook dan smartphone menjalankan embedded Linux .
Pengembangan Linux adalah salah satu contoh yang paling menonjol dari bebas dan open source software kolaborasi; biasanya semua yang mendasari kode sumber yang dapat digunakan, bebas dimodifikasi, dan disebarkan, baik komersial dan non-komersial, oleh siapapun di bawah lisensi seperti GNU Lisensi Publik Umum . Biasanya Linux dikemas dalam format yang dikenal sebagai distribusi Linux untuk penggunaan desktop dan server. distribusi Linux termasuk kernel Linux dan semua software pendukung yang diperlukan untuk menjalankan sistem yang lengkap, seperti utilitas dan perpustakaan , dengan X Window System , yang GNOME dan KDE lingkungan desktop , dan Apache HTTP Server .
Nama "Linux" berasal dari kernel Linux, aslinya ditulis pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds . Pendukung utama ruang pengguna aplikasi-aplikasi sistem dan perpustakaan dari proyek GNU (diumumkan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman ) merupakan dasar untuk Free Software Foundation 'nama pilihan GNU / Linux
5. Solaris
Solaris adalah Unix sistem operasi awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems . Ia menggantikan mereka sebelumnya SunOS pada tahun 1992 Solaris. Oracle, seperti yang sekarang dikenal, telah dimiliki oleh Oracle Corporation sejak's akuisisi Oracle dari Sun pada Januari 2010.
Solaris dikenal dengan skalabilitas , terutama pada SPARC sistem, dan untuk yang berasal berbagai fitur inovatif seperti DTrace , ZFS dan Waktu Slider. Solaris mendukung berbasis SPARC dan x86 -based workstation dan server dari Sun dan vendor lainnya , dengan dilakukan upaya untuk port ke platform tambahan.
Meskipun secara historis dikembangkan sebagai perangkat lunak berpemilik , yang didukung pada sistem yang diproduksi oleh semua vendor server utama, dan sebagian besar yang basis kode sekarang perangkat lunak open source melalui OpenSolaris proyek.
6. FreeBSD
FreeBSD adalah bebas Unix seperti sistem operasi diturunkan dari AT & T UNIX melalui Berkeley Software Distribution (BSD). of UNIX, but works like UNIX, with UNIX-compliant internals and system APIs . Ini telah ditandai sebagai "raksasa diketahui antara sistem operasi bebas". Ini bukan tiruan dari UNIX, tetapi bekerja seperti UNIX, dengan UNIX-compliant internal dan sistem API . FreeBSD umumnya dianggap sebagai dapat diandalkan dan kuat.
The kernel , device driver dan semua userland utilities, seperti shell , diadakan di sama kode sumber pelacakan revisi pohon, sedangkan dengan distribusi Linux , kernel, userland utility dan aplikasi yang dikembangkan secara terpisah, kemudian dikemas bersama dengan berbagai cara oleh orang lain.
Software aplikasi pihak ketiga dapat dipasang menggunakan sistem perangkat lunak berbagai instalasi, dua yang paling umum adalah sumber instalasi dan paket instalasi, baik yang menggunakan FreeBSD Ports system.

7. Novell NetWare

NetWare adalah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell, Inc ini awalnya digunakan multitasking kooperatif untuk menjalankan berbagai layanan pada sebuah komputer pribadi , dengan protokol jaringan didasarkan pada tipikal Xerox Sistem Jaringan stack .
            Novell NetWare digantikan dengan Open Enterprise Server (OES) dari tahun 2005. Versi terbaru dari NetWare adalah v6.5 Dukungan Pack 8, yang identik dengan OES 2 SP1, NetWare Kernel.

Q       NetWare 286 2.x

NetWare Version 2 memiliki reputasi yang sangat sulit unntuk dikonfigurasi.Karena system operasi diberikan sebgai satu set disusun dalam modul objek bahwa konfigurasi yang diperlukan dan menghubungkan. NetWare diberikan menggunakan utilitas berbasis teks seperti SYSCON File system yang digunakan oleh NetWare 2 adalah NetWare File System 286, atau NWFS 286, volume mendukung sampai 256 MB. 286 NetWare diakui 80286 protected mode , memperluas kita mendukung NetWare RAM dari 1 MB ke 16 MB dialamatkan penuh oleh 80286. Sebuah minimal 2 MB diperlukan untuk memulai sistem operasi, setiap RAM tambahan digunakan untuk FAT, DET dan file caching. Sejak modus dilindungi 16-bit menerapkan i80286 dan setiap prosesor Intel x86 berikutnya, NetWare 286 versi 2.x akan berjalan pada prosesor 80286 atau yang lebih kompatibel.


Q       NetWare 3.x

Dimulai dengan NetWare 3.x, dukungan untuk 32-bit protected mode ditambahkan, menghilangkan batas memori 16 MB dari NetWare 286. Hal ini memungkinkan hard drive yang lebih besar harus didukung, karena NetWare 3.x cache (disalin) seluruh tabel alokasi berkas (FAT) dan direktori tabel pemasukan (DET) ke dalam memori untuk meningkatkan kinerja.
NetWare terus dikelola dengan menggunakan utilitas konsol berbasis. File system yang diperkenalkan oleh NetWare 3.x dan digunakan secara default sampai NetWare 5.x adalah NetWare File System 386, atau NWFS 386, yang secara signifikan mengembangkan kapasitas volume (1 TB, 4 GB file) dan dapat menangani hingga 16 segmen volume mencakup beberapa disk drive fisik. Volume segmen bisa ditambahkan saat server itu digunakan dan volume dipasang, memungkinkan sebuah server untuk diperluas tanpa gangguan.
Dan masih banyak lagi jenis NetWare yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar