Jumat, 03 Desember 2010

Macam-Macam Paragraf


Paragraf Deduktif
           
            Suasana taman di SMA PLUS PGRI Cibinong. Disana terinspirasi dalam belajar dan beraktifitas. Selain itu, banyak pepohonan yang tumbuh disekitar taman itu, biasanya sebelum masuk kelas para siswa duduk dibawah pohon yang ada di taman SMA PLUS PGRI Cibinong.

Paragraf Induktif
           
            Banyak sekali orang-orang yang berdatangan ke pameran milik Pak Budi, hanya untuk melihat-lihat karya seni patung, ukiran, pahat, lukisan dan lain-lain. Rata-rata mereka semua menyukai karya seni yang di pajang di dinding-dinding tempat pameran itu berlangsung. Seni tersebut merupakan seni rupa yang berasal dari negara tempat kita tinggal yaitu Indonesia.

Paragraf Akibat-Sebab

            Semakin hari, semakin banyak saja para pengangguran di kota Jakarta dan banyak juga yang barpindah tempat dari luar Jawa ke Jakarta hanya untuk mancari pekerjaan tapi tetap saja mereka hanya menjadi pengangguran di negara mereka sendiri. Karena disebabkan oleh lapangn kerja yang sudah tidak memadai dan minimnya lahan pekerjaan.

Paragraf Sebab Akibat 1 dan Akibat 2

            Hampir 90% laki-laki bahkan ada juga wanita dinegara kita yang merokok dan sebagiannya di dominasi oleh para remaja. Sebenarnya merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan krhamilan dan janin. Bahkan penyakit kanker juga dapat memnebabkan kematian bagi se perokok tersebut. Kematian akibat penyakit kanker akan terus meningkat, bila tidak ada perubahan pola gaya hidup seperti marokok.

Paragraf Generalisasi

            Sayuran merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Namun sebagian orang banyak yang tidak menyukai sayuran, padahal sayuran banyak sekali manfaatnya. Sayuran membantu memperlambat proses panuaan dini dan dapat juga mencegah resiko penyakit kanker dan mampu malindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun. Jadi, perbanyaklah memakan sayur-sayuran agar stamina tubuh kita tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar