Minggu, 13 Januari 2013

Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan



Empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan :

a. Entri pesanan penjualan
Proses entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap:
  Mengambil pesanan dari pelanggan
  Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
  Memeriksa ketersediaan persediaan

Langkah ini melibatkan semua aktifitas yang berkaitan dengan pemrosesan pesanan pelanggan.
Informasi kunci yang dibutuhkan:
1) Keputusan berkaitan dengan kebijakan kredit, termasuk persetujuan kredit
2) Informasi mengenai ketersediaan inventori dari bagian gudang dan status kredit pelanggan dari bagian akunting

Kebutuhan Informasi dan Prosedur
SIA harus menyediakan informasi operasional  yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi fungsi berikut ini:


•  Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan
  Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak
  Merupakan hal yang penting bahwa semua data pesanan pelanggan yang diterima yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat secara akurat.
  Oleh sebab itu, pemeriksaan data berikut ini harus dilakukan untuk memastikan akurasi yangmenyeluruh:
            1) Pemeriksaan validitas dan uji kelengkapan
            2) Uji kewajaran
            3) Persetujuan kredit
  Langkah berikutnya adalah menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut
  Dokumen internal yang dihasilkan dari entri pesanan penjualan:
            1) Pesanan penjualan
            2) Slip pengepakan
            3) Kartu pengambilan barang
  Menentukan ketersediaan persediaan
  Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan
  Menentukan harga produk dan jasa
  Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi
  Memilih metode untuk mengirim barang

b. Pengiriman
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut, proses ini terdiri dari dua tahap:
1) Mengambil dan mengepak pesanan
2) Mengirim pesanan tersebut

-   Pekerja gudang bertanggungjawab untukmemenuhi pesanan pelanggan dengan mengambil barang dari persediaan/inventori
-   Keputusan-keputusan penting dan kebutuhan informasi untuk menentukan metode pengiriman: 
        - in-house 
        - outsource

Kebutuhan Informasi dan Prosedur
Dokumen, catatan, dan prosedur:
  • Kartu pengambilan barang yang dihasilkan entri pesanan pelanggan mentrigger proses pengiriman dan digunakan untuk mengidentifikasi dimana produk diambil dari persediaan
  • Jumlah fisik dibandingkan dengan kuantitas pada kartu pengambilan dan  slip pengepakan

Beberapa tempat pemeriksaan dibuat dan dokumen pengiriman disiapkan.

c. Penagihan dan piutang usaha

Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan, melibatkan:
1) Penagihan ke para pelanggan
2) Memelihara data piutang usaha

 Keputusan-keputusan penting dan kebutuhan Informasi:
Penagihan yang akurat adalah penting dan membutuhkan informasi mengenai item barang dan jumlah yang dikirimkan, harga, serta promo penjualan khusus

Kebutuhan Informasi dan Prosedur
- Tagihan memberitahukan kepada pelanggan jumlah yang harus dibayarkan dan kemana pembayaran harus dilakukan
- Statement bulanan merangkum transaksi yang terjadi dan menginformasikan kepada pelanggan saldo akun saat ini
- Memo Kredit mengotorisasi Bagian Penagihan untuk mengkredit akun pelanggan
- Jenis sistem penagihan:
    1) Dalam sistem paska-penagihan, faktur dipersiapkan setelah konfirmasi bahwa barang-barang telah dikirim
    2) Dalam sistem pra-penagihan, faktur dipersiapkan (tetapi tidak dikirim) segera setelah pesanan disetujui
- Persediaan, piutang dagang, dan file buku besar diperbaharui pada waktu ini

Contoh informasi tambahan yang seharusnya SIA sediakan:
-  Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan
-  Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan
-  Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang
-  Kepuasan pelanggan
-  Analisis pangsa pasar dan tren penjualan

Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan

d. Penagihan kas
Langkah keempat (terakhir) dalam siklus pendapatan adalah penagihan kas, melibatkan:

 Menangani kiriman uang pelanggan
 Menyimpannya ke bank
 Dua bagian yang terlibat dalam aktivitas ini adalah:
1) Kasir
2) Fungsi piutang dagang

Kebutuhan Informasi dan Prosedur
- Keputusan-keputusan penting dan kebutuhan informasi:
1. Pentingnya pengurangan pencurian kas
2. Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses 
3. Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan faktur aplikasi harus dikredit

- Dokumen, catatan, dan prosedur:
1. Cek diterima dan dikirim (disimpan)
2. Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap pembayaran
3. Sistem melakukan sejumlah pemeriksaan on-line untuk melakukan verifikasi keakuratan entri data


Referensi :
BAHAN 9 Siklus Pendapatan dan Penagihan Kas.ppt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar