Kamis, 10 Januari 2013

PRINSIP DASAR PERANCANGAN SISTEM YANG AMAN


1.    Mencegah hilangnya data
2.    Mencegah masuknya penyusup

LANGKAH-LANGKAH KEAMANAN :
1.  Keamanan  Fisik Komputer :
·         membatasi akses fisik ke mesin :
Akses masuk ke ruangan computer, penguncian komputer secara hardware, keamanan BIOS, keamanan Bootloader
·         back-up data : pemilihan piranti back-up, penjadwalan back-up
·         mendeteksi gangguan fisik pada saat computer akan di- reboot, dan beberapa hal yang perlu diperiksa pada log dengan mencatat kejanggalan yang ada diantaranya adalah :
Log pendek atau tidak lengkap, log yang berisikan waktu yang aneh, log dengan permisi atau kepemilikan yang tidak tepat, catatan pelayanan reboot atau restart, log yang hilang, masukan  atau login dari tempat yang janggal
·         mengontrol akses sumber daya dengan tool seperti system security yang dapat mengunci semua system dari pengaksesan setelah password bios.Tapi masih ada kemungkinan seseorang mengetahui password untuk mengakses system tersebut.
·         Mengunci console dengan menggunakan xlock dan vlock yaitu program kecil untuk mengunci agar seseorang tidak dapat mengganggu atau melihat kerja yang dilakukan dengan mengunci tampilan yang membutuhkan password untuk membukanya. xlock dapat digunakan untuk mengamankan desktop pada saat meninggalkan meja anda, dan vlock berfungsi untuk mengunci beberapa atau semua console teks yang terbuka.

2.   Keamanan lokal
Berkaitan dengan user dan hak-haknya dengan memberikan account kepada orang yang tepat sesuai kebutuhan dan tugas-tugasnya :
·         Beri mereka fasilitas minimal yang diperlukan.
·         Hati-hati terhadap saat/dari mana mereka login, atau tempat seharusnya mereka login.
·         Pastikan dan hapus rekening mereka ketika mereka tidak lagi membutuhkan akses.

3. Keamanan Root
·         Jangan sekali-sekali login sebagai root, jika tidak sangat perlu.
·         Jika terpaksa ingin menggunakan root, loginlah sebagai user biasa kemudian gunakan perintah su (substitute user)
·         Jangan sekali-sekali menggunakan seperangkat utilitas, seperti rlogin/rsh/rexec (utilitas r) sebagai root. Semua itu menjadi sasaran banyak serangan, dan sangat berbahaya bila dijalankan sebagai root.  Jangan membuat file .rhosts untuk root.
·         Jangan pernah menggunakan “.”, yang berarti direktori saat ini dalam penyertaan path. Sebagai tambahan, jangan pernah menaruh direktori yang dapat ditulis pada jalur pencarian anda, karena hal ini memungkinkan penyerang memodifikasi atau menaruh file biner dalam jalur pencarian anda, yang memungkinkan mereka menjadi root ketika anda menjalankan perintah tersebut.
·         Batasi penggunaan konsol untuk login sebagai root
·         Selalu perlahan dan berhati-hati ketika menjadi root. Tindakan anda dapat mempengaruhi banyak hal. Pikir sebelum anda mengetik!

4.   Keamanan File dan system file
      Seorang administrator system perlu memastikan bahwa file-file pada system tidak terbuka untuk pengeditan oleh pemakai dan grup yang tidak seharusnya melakukan pemeliharaan system.
·         Directory home user tidak boleh mengakses perintah mengubah system seperti partisi, perubahan device dan lain-lain.
·         Lakukan setting limit system file.
·         Atur akses dan permission file : read (mampu melihat isi file, dan membaca directori), write (mampu menambah dan mengubah file, menghapus atau memindahkan file dalam sebuah direktori), execute (mampu menjalankan program biner atau script shell, mencari sebuah directory yang dikombinasikan dengan permisi read) bagi user maupun group.
·         Selalu cek program-program yang tidak dikenal

5.   Keamanan Password dan Enkripsi
·    Hati-hati terhadap bruto force attack, seperti “Crack” atau “John the Ripper” sering digunakan untuk menerka password. Usahakan dengan membuat password yang baik.
·         Selalu mengenkripsi file yang dipertukarkan.
·         Lakukan pengamanan pada level tampilan, seperti screen saver.

6.   Keamanan Kernel
      Kernel merupakan otak system operasi yang mengatur pemakai banyak (multiple users) dan proses, mengelola directory system serta melakukan seluruh pengelolaan I/O untuk system tersebut.
·         selalu update kernel system operasi.
·         Ikuti review bugs dan kekurang-kekurangan pada system operasi.

7.   Keamanan Jaringan
·         Waspadai paket sniffer yang sering menyadap port Ethernet.
·         Lakukan prosedur untuk mengecek integritas data
·         Verifikasi informasi DNS
·         Lindungi network file system
·         Gunakan firewall untuk barrier antara jaringan privat dengan jaringan eksternal

1 komentar: