Senin, 12 Maret 2012

Tokoh Pewayangan (Semar)

Tokoh wayang. yaaahh... itu lah yang akan saya bahas kali ini. mungkin tidak terlalu jauh yang akan saya bahas karena saya pun tidak begitu mendalam mengenal wayang. Tetapi disini saya akan mengulas sedikit tentang tokh yang akan saya angkat namanya ini. kalian semua pasti sudah mengenal tokoh perwayangan yang satu itu. karena namanya bisa dibilang terkenal dalam dunia perwayangan. saya akan membahas tentang tokoh Semar.

Mungkin kalian semua sudah kenal siapa itu Semar. nama kepanjangannya adalah Kyai Lurah Semar Badranaya. semar adalah tokoh utama dalam pewayangan sunda ataupun jawa. dalam wujudnya dia selalu diidentikkan dengan simbol tubuh yang bulat dan selalu mengumbar senyuman. itulah yang harus kita contoh dari tokoh Semar ini. karena dia selalu tersenyum dalam keadaan suka ataupun duka.

Sebenarnya tokoh Semar ini dalam artikel yang saya baca adalah seorang yang tampan dan gagah ia pun sebenarnya dalah dewa, namun karena keinginanya untuk membantu sesama makhul hidup, diapun berubah menjadi rakyat biasa dan dalam kehidupanya menjadi rakyat dia bertugas untuk menjaga ketiga anaknya walau sebenarnya itu hanyalah anak angkat yaitu; Gareng, Cepot dan Dawala.

Tokoh Semar ini adalah salah satu tokoh yang sangat digemari oleh masyarakat Jawa Barat. tokoh Semar telah menjadi simbol pemimpin bagi mereka karena dalam ceritanya dia merupakan sesosok pemimpin yang ideal karena telah memajukan bangsanya. Jadi, apabila para pemerintah - yang disimbolkan sebagai Semar - mendengarkan suara rakyat kecil yang bagaikan suara Tuhan, maka negara yang dipimpinnya pasti menjadi negara yang unggul dan sentosa. dan itulah inti dari cerita yang telah saya bahas.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Semar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar